Jumat, 15 Agustus 2014

Perkembangan Kognitif Anak SD

Perkembangan Kognitif Anak SD
Perkembangan kognitif anak SD adalah tahap anak mulai memahami suatu pelajaran dan pengalaman yang baru. Pada tahap pembelajaran sekolah dasar anak melakukan proses penalaran pelajaran yang beragam. Di tingkat kanak- kanak anak sudah mulai belajar membaca, menulis, dan berhitung (CaLisTung). Setiap anak memiliki pemahaman baru saat menerima pelajaran di sekolah.
Karakteristik anak SD diawali dengan masuknya penalaran terhadap ilmu pengetahuan dan menghubungkan dengan kehidupan yang nyata di sekitarnya. Pelajaran Matematika erat hubungan dengan proses berhitung. Anak belajar menghitung jumlah benda yang terdapat di sekelilingnya. Pelajaran IPA berhubungan dengan dengan pengetahuan alam yang mengajarkan anak sekolah dasar mengenal lingkungan alam dan  makhluk hidup. Sedangkan pelajaran bahasa, anak dapat meningkatkan kosakata baru dan makna dari kata- kata yang belum dikenal. Semuanya berkaitan dengan perkembangan kognitif anak SD.
Di samping perkembangan kognitif anak SD, ada juga beberapa perkembangan yang saling berkaitan, antara lain perkembangan emosional, fisik,dan sosial. Perkembangan emosional anak SD mulai tumbuh dimana anak belajar mengendalikan sikap emosional terhadap teman sebaya dan  mengurangi sifat egois yang akan membuat dirinya merasa sendiri bahkan dijauhkan teman- temannya. Perkembangan fisik anak sd lebih dapat dilihat dengan bertambahnya tinggi badan serta perubahan bentuk fisik serta berat badan. Perkembangan sosial anak SD akan berkembang karena anak bertemu dengan orang - orang baru yang harus dikenal dan membuat dirinya lebih dekat sehingga sikap sosial akan tumbuh dan membuat anak lebih senang berkomunikasi.
Jagoan Privat mengatasi kesulitan belajar anak SD

Perkembangan kognitif anak SD ada kalanya mengalami kesulitan dan gangguan. proses penerimaan anak yang berbeda- beda dapat disebabkan oleh beberapa hal. gaya mengajar guru yang monoton, pelajaran yang terlalu rumit, banyaknya materi yang harus dipahami menjadikan anak sulit menerima pelajaran dengan baik. Jika hal tersebut tidak diselesaikan secara cepat oleh orangtua, maka anak akan semakin sulit menerima pelajaran yang akhirnya akan membuat anak menjadi malas belajar. Salah satu upaya untuk membantu perkembangan kognitif anak SD adalah dengan memberikan guru les privat di rumah.
Jagoan Privat adalah lembaga les privat yang menyediakan guru les privat SD, SMP, SMA di Jabodetabek. dengan lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta, guru les privat jagoan privat telah mengajarkan sejumlah anak SD, smp sma yang memiliki kesulitan dalam pelajaran dengan mengutamakan sikap professional sehingga proses akademik anak dapat dilihat secara berkala.
Hubungi 0217498726 atau hubungi May 081215115873 atau pin bb 26e246a6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar